Logo

Fasilitas Kampus

Kampus Akademi Kebidanan Muhammadiyah Makassarmemiliki gedung dengan status milik sendiri, yang berkedudukan di kota Makassar tepatnya di Jalan Andi Pangerang Petta Rani II No 31 Makassar dengan luas tanah ± 899 m2serta bangunan seluas ± 1011,3 m2.  Fasilitas terdiri dari:

1. Gedung perkuliahan

Gedung perkuliahan terdiri dari 9 ruang kelas. Fasilitas fisik untuk menunjang terselenggaranya proses belajar mengajar seperti ruang perkuliahan telah memenuhi standar ruang perkuliahan, dilengkapi dengan AC, multimedia yang presentatif, sehingga proses perkuliahan berjalan dengan nyaman.

2. LaboratoriumKebidanan

Laboratorium yang telah dimiliki secara umum telah memenuhi standar kebutuhan yang ada dan senantiasa akan dikembangkan baik jenis maupun jumlahnya. Saat ini laboratorium terdiri dari Laboratorium kebidanan terdiri dari stasi Kebidanan Dasar (KDK), Ante Natal Care (ANC), Intra Natal Care (INC), Post Natal Care (PNC), Bayi Baru Lahir (BBL), Pencegahan Infeksi, Keluarga Berencana (KB). Sedangkan Laboratorium penunjang lainnya adalah laboratorium Gizidan laboratorium Biokimia/Mikro.

3. LaboratoriumUjian metode OSCE

LaboratoriumUjian metode OSCEterdiri dari beberapa ruang/stasi sesuai dengan kompetensi klinik yang akan dicapai. Setiap stasi dibuat seperti kondisi klinik yang mendekati senyata mungkin. Laboratorium ini dilengkapi dengan seperangkat alat yang sesuai dengan standar kompetensi dari masing-masing mata uji kompetensi.

OSCEmerupakan suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. Objektif karena semua mahasiswa diuji dengan ujian yang sama. Terstruktur karena yang diuji keterampilan klinik tertentu dengan menggunakan lembar penilaian tertentu. Selama ujian peserta berkeliling melalui beberapa stasi secara  berurutan.

4. Perpustakaan

Perpustakaan sejalan dengan perkembangan yang ada. 3 tahun terakhir mendapat perhatian uang memadai. Bahkan setiap tahunnya senantiasa disempurnakan sistem pelayanan maupun penyediaan materi, referensi, buku serta fasilitas pendukungnya.

5. Musholla

Keberadaan Moshollah di tengah-tengah kampus AKBID Muhammadiyah Makassar merupakan wahana yang digunakan untuk menumbuhkembangkan karakter  mental dan kepribadian dan penanaman nilai-nilai keagamaan kepada seluruh civitas akademika AKBID Muhammadiyah Makassar. 

6. Pos keamanan

Pos keamanan merupakan salah satu sarana dalam penyelenggaraan sistem keamanan lingkungan.

7. Jaringan internet dan hotspot Area (free)

Untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melengkapi materi perkuliahan dengan bahan bacaan dari luar perpustakaan, maka kampus AKBID Muhammadiyah Makassar dilengkapi denganjaringan internet dan hotspot area. Mahasiswa secara bebas memanfaatkan fasilitas tersebut untuk pengembangan kegiatan pembelajaran mandiri. Fasilitas tersebut dimaksudkan agar mahasiswa memeiliki aktivitas dan kreativitas mengembangkan ilmu pengetahuan kebidanan serta memberikan dukungan dapat menyelesaikan pemrkuliahan tepat 6 semester. Selain itu juga dosen juga dapat mengakses jaringan internet untuk kepentingan kegiatan tri darma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat).