Breaking News
Tulis & Tekan Enter
Logo

Tentang Kami

Seiring dengan perubahan masyarakat Indonesia dari status agraris menjadi industri yang salah satunya berdampak pada perkembangan Universitas Hasanuddin (Unhas), maka diperlukan kemandirian bagi setiap komponen yang berada di bawah payung Unhas untuk menyokong dinamisnya kehidupan tersebut.

Untuk mengantisipasi hal itu, maka Unhas mempersiapkan pusat-pusat penelitian dan pengabdian masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan dengan pihak luar termasuk industri dan perusahaan baik swasta maupun pemerintah yang berupa penelitian, pengembangan, konsultasi, pelatihan, maupun kegiatan lain yang terkait dalam upaya membangun masyarakat dengan memanfaatkan dukungan sumber daya yang ada di Unhas.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Energi dan Kelistrikan – PUSLITBANG Energi dan Kelistrikan atau disingkat lagi menjadi PUSENLIS, merupakan salah satu pusat penelitian dan pengembangan rekayasa yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unhas yang bergerak di bidang energi dan kelistrikan. Selain itu, PUSENLIS LPPM Unhas juga mempunyai komitmen turut membantu mengoptimalkan pemakaian listrik dan konsumsi energi secara nasional baik di industri ataupun masyarakat umum, khususnya terkait langkah konservasi agar konsumsi energi listrik dapat terjaga kontinyuitas dan keandalannya.  Diantaranya melalui pelatihan bagi para insinyur/profesional dan operator dari industry, termasuk didalamnya mengadakan berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat seperti edukasi hemat energi maupun pengembangan pembangkit daya listrik berbasis  energi baru dan terbarukan.

Sebelum tahun 2011, PUSENLIS adalah salah satu unit kajian di lingkungan Lembaga Penelitian Unhas. Berdasarkan ketentuan dan tuntutan perubahan, sejak awal 2011 status Unit Kajian berubah menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan (PUSLITBANG). Dalam kegiatannya, PUSENLIS LPPM Unhas didukung oleh beberapa tenaga ahli professional, laboratorium serta working/research group yang ada di Unhas. PUSENLIS LPPM Unhas terbagi atas 7 (tujuh) divisi, yaitu:

  • Divisi Ketenagalistrikan
  • Divisi Energi Baru Terbarukan (Renewable energy)
  • Divisi Pengembangan Teknologi Energi Berbasis Kemaritiman
  • Divisi Teknologi dan Pengembangan Energi Fosil
  • Divisi Kebijakan dan Database Energi
  • Divisi Elektronika Daya dan Industri
  • Divisi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi.